Nokia Siapkan 3 Smartphone Android di 2016?

CiriCara Tekno – Produsen smartphone asal Finlandia, Nokia kabarnya akan segera kembali “bertarung” di pasar smartphone. Hal ini mengingat perjanjian dengan Microsoft yang tidak membolehkan Nokia membuat ponsel akan berakhir pada tahun 2016 ini. Lalu smartphone apa yang akan dibuat Nokia?

Baru-baru ini beredar foto sebuah smartphone yang diduga merupakan prototipe dari smartphone Nokia. Dalam foto, terlihat sebuah smartphone tampak depan dan tampak belakang yang memiliki logo tulisan Nokia. Foto ini banyak beredar di situs jejaring sosial asal China, Weibo dan jadi perbincangan banyak netizen.

Foto prototipe smartphone Nokia tersebut dinilai sebagai tanda akan kembalinya Nokia ke pasar smartphone. Tidak hanya itu, banyak yang menduga bahwa Nokia tahun ini akan beralih ke sistem operasi Android sepenuhnya.

Bahkan, seperti yang dilansir dari News Softpedia, Selasa (12/1/2016), Nokia kabarnya tengah menyiapkan setidaknya tiga smartphone Android yang bakal dirilis tahun ini. Namun, foto prototipe yang beredar baru satu smartphone dan itu pun tidak begitu jelas.

Prototipe Nokia Android

Soal spesifikasi, kabarnya smartphone Nokia Android tersebut bakal mengusung layar berukuran 5 inci atau 5,2 inci. Dari foto yang beredar, nampaknya Nokia akan membuat sebuah smartphone Android dengan tombol fisik. Hal ini sedikit mengejutkan mengingat kebanyakan smartphone saat ini lebih memilih tampil dengan layar sentuh.

Belum diketahui berapa kamera yang akan dipasangkan pada smartphone Nokia Android. Bocoran resolusi kamera juga belum ada yang beredar. Namun Nokia disebut-sebut akan membekali kamera tersebut dengan fitur LED flash.

Sebelumnya, CEO Nokia Rajeev Suri pada tahun lalu mengatakan bahwa Nokia saat ini hanya bertugas untuk membuat desain dari smartphone. Nantinya smartphone tersebut akan diproduksi oleh pabrikan yang bekerjasama dengan Nokia.

“Kami akan mencari mitra yang cocok. Nokia hanya akan mendesain dan memastikan nama merek tersedia untuk lisensi,” kata Suri, tahun lalu, seperti dikutip dari detikINET.

Dugaan Nokia akan membuat smartphone Android memang sudah berhembus sejak lama. Apalagi sebelumnya Nokia juga sudah mengeluarkan sejumlah perangkat mobile dengan sistem operasi Android, meski masih menggunakan tampilan yang mirip dengan tambilan dari Windows Phone.

Selain itu, indikasi Nokia bakal beralih ke Android juga terlihat dari dirilisnya aplikasi launcher Android bernama Z Launcher. Namun belum diketahui secara pasti kapan Nokia akan kembali terjun ke pasar smartphone.

About the author /


Related Articles

Post your comments