Nonton Film di Netflix, Ini Perkiraan Kuota Internet Yang Dipakai

CiriCara Tekno – Penyedia layanan streaming film dan serial televisi, Netflix saat ini sudah resmi masuk Indonesia. Semua orang yang ingin menonton film di Netflix bisa langsung mendaftar jadi member Netflix untuk berlangganan. Lalu berapa kira-kira kuota internet yang diperlukan untuk menonton film di Netflix?

Sebagai layanan streaming, sudah pasti jika Netflix membutuhkan koneksi internet untuk memutar film. Kuota internet yang dipakai untuk streaming pun tentu cukup besar, apalagi untuk film-film yang memiliki durasi 2-3 jam. Jadi sebelum menggunakan layanan Netflix, pastikan dulu kuota internet Anda mencukupi.

Menurut Netflix dalam situs resminya, seberapa banyak kuota internet yang terpakai itu tergantung dari durasi film dan juga kualitas video. Untuk kualitas di bawah Standar Definition (SD), kuota yang terpakai 300MB per jam. Untuk film dengan kualitas SD, dibutuhkan kuota internet 700MB sampai 1GB per jam.

Sementara untuk film berkualitas HD, dibutuhkan kuota sebesar 3GB per jam. Dan yang terakhir untuk film berkualitas Ultra HD, dibutuhkan kuota internet sebesar 7GB per jamnya. Semakin lama durasi dan semakin tinggi kualitas film yang diputar, maka akan semakin banyak pula kuota internet yang terpakai.

Untuk itu, bagi pelanggan Netflix yang menggunakan smartphone disarankan untuk memilih paket internet unlimited agar aktivitas menonton film Anda tidak berhenti di tengah. Saat ini sudah banyak operator seluler yang memberikan promo tarif unlimited untuk pelanggannya.

Cara untuk mengatur kualitas film di Netflix:

Untuk memastikan kualitas film yang diputar sudah sesuai dengan keinginan, Anda bisa melihatnya menu “Your Account” di aplikasi Netflix maupun di web resminya. Jangan lupa untuk login dahulu menggunakan akun yang sudah berlangganan Netflix.

Setelah menekan menu tersebut, Anda bisa melakukan pengaturan kualitas film di “Playback Settings”. Di laman ini Anda bisa memiliki kualitas film mulai dari Low, Medium, High, dan Auto, sesuai paket berlangganan yang dipilih.

– Low: untuk menampilkan film berkualitas di bawah SD
– Medium: untuk menampilkan film berkualitas SD
– High: untuk menampilkan film berkualitas HD sampai Ultra HD
– Auto: sistem Netflix akan memilihkan kualitas film yang sesuai dengan kecepatan internet pengguna.

Semoga bermanfaat!

About the author /


Related Articles

Post your comments