Telkom Blokir Netflix, Ini Alasannya

CiriCara Tekno – Telkom Group akhirnya memblokir layanan streaming video yang baru masuk Indonesia, Netflix. Mulai per tanggal 27 Januari 2016 pukul 00.00 WIB, layanan Netflix sudah tidak bisa diakses menggunakan jaringan yang difasilitasi oleh Telkom Group yang meliputi IndiHome, WiFi.id, dan Telkomsel.

Menurut Direktur Konsumer Telkom Dian Rachmawan, pihaknya memutuskan untuk memblokir Netflix karena layanan streaming video tersebut dinilai tidak menaati peraturan yang ada di Indonesia. Telkom juga menilai konten yang disajikan Netflix banyak yang mengandung kekerasan dan juga pornografi.

“Kami ini Badan Usaha Milik Negara (BUMN), harus menjadi contoh dan menegakkan kedaulatan Negara Kedaulatan Republik Indonesia (NKRI) dalam berbisnis. Kita maunya kalau berbisnis itu harus mematuhi aturan Indonesia,” jelas Dian, seperti dikutip dari Detik.

Sejak resmi masuk ke Indonesia, Netflix memang masih bergerak sendiri tanpa ada kerja sama dengan operator di Indonesia. Padahal di negara-negara lain, Netflix sudah menggandeng operator lokal untuk menyajikan layanannya. Pihak Telkom merasa, seharusnya Netflix juga melakukan hal yang sama di Indonesia.

Sementara itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menilai layanan streaming video seperti Netflix harus dilihat seberapa besar efeknya untuk masyarakat. Jika efek yang ditimbulkan adalah efek yang positif, Kemenkominfo mengaku tidak keberatan.

“Jika memang memiliki kemaslahatan bagi masyarakat, maka jangan sampai yang namanya aturan menghalangi kemajuan atau manfaat bagi masyarakat tapi juga jangan for the sake of masyarakat, teknologi juga jadi dilarang,” kata Menteri Kominfo, Rudiantara.

Lebih lanjut, Rudiantara memberikan opsi agar Netflix segera berbadan hukum tetap di Indonesia atau segera berkerja sama dengan operator telekomunikasi di Indonesia dalam menyiarkan kontennya. Netflix juga boleh saja beroperasi di Indonesia asal sudah memiliki izin sebagai penyelenggara penyedia konten.

About the author /


Related Articles

Post your comments