Telkom Blokir Netflix, Ini Kata Menkominfo

Netflix

CiriCara Tekno – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara akhirnya angkat bicara soal pemblokiran layanan video streaming, Netflix oleh Telkom Group. Menurutnya, langkah yang dilakukan Telkom sudah sesuai. Pasalnya saat ini pemerintah memang tengah mempersiapkan aturan bisnis penyelenggara sistem elektronik (PSE) seperti Netflix.

Rudiantara melalui akun Twitternya, @rudiantara_id, menjelaskan hal yang sama juga harus dilakukan terhadap semua layanan yang serupa dengan Netflix. “Akan muncul ‘Netflix2’ lain yang akan masuki pasar Indonesia, harus disikapi secara seragam dengan regulasi yang memberi level Playing Field,” tulisnya di Twitter.

Lebih lanjut, menurut Rudiantara, Netflix harus mengikuti kebijakan yang ada di Indonesia karena sudah termasuk PSE. Salah satu kebijakan tersebut menyebutkan bahwa PSE harus membuat Bentuk Usaha Tetap (BUT) di Indonesia untuk memenuhi unsur legalitas, hak-kewajiban secara hukum, dan lain sebagainya.

“Netflix memenuhi kategori sebagai PSE yang berarti harus mengikuti kebijakan yang ada di Indonesia,” tulis Rudiantara di Twitter.

Mengenai sensor film yang ada di Netflix, Rudiantara mengakui bahwa hal ini masih sulit dilakukan. Meski seharusnya semua konten video yang masuk ke Indonesia itu harus sesuai dengan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

“Untuk film, ada Lembaga Sensor Film. Hanya saja, seperti dalam kasus Netflix, mekanisme sensor ini belum bisa mewadahi kecepatan perkembangan teknologi,” jelas Rudiantara.

Rudiantara sendiri mengaku sudah membicarakan masalah sensor tersebut dengan Mendikbud, Anies Badwedan, bahkan sebelum Netflix masuk ke Indonesia. Namun hingga saat ini masih belum menemukan solusi yang tepat.

Seperti diketahui, sejumlah netizen mengeluhkan keputusan Telkom Group yang memblokir layanan Netflix dari jaringannya. Mereka mengaku kecewa karena tidak bisa lagi menikmati layanan video dan film streaming tersebut di jaringan Telkom Group yang meliputi IndiHome, WiFi.id, dan Telkomsel.

About the author /


Related Articles

Post your comments