Tips Atasi RAM Android Cepat Penuh

RAM Android

CiriCara TeknoRandom access memory atau biasa disebut RAM menjadi salah satu komponen penting dari ponsel Android. RAM ini biasanya berfungsi sebagai penyimpan data sementara saat ponsel sedang menjalankan sebuah aplikasi. Jika RAM penuh, maka aplikasi yang tengah dijalankan akan langsung berhenti dan menutup sendiri.

Kapasitas RAM ponsel Android itu berbeda-beda, ada yang 512MB, 762MB, 1GB, 2GB, 3GB, sampai 4GB. Semakin besar kapasitas RAM yang dimiliki, performa ponsel Android diklaim akan lebih lancar. Namun untuk mendapatkan ponsel Android dengan RAM besar membutuhkan biaya yang besar pula.

Buat kamu yang punya ponsel Android dengan RAM kecil, berikut ada beberapa tips agar RAM tidak cepat penuh:

1. Hindari aplikasi online

Aplikasi online seperti BBM, LINE, WhatsApp, Facebook, dll sangat menguras RAM ponsel. Hal ini karena aplikasi tersebut selalu aktif meski tidak sedang digunakan. Contohnya Facebook, kamu bisa menerima ada pesan atau pemberitahuan meski tidak sedang membukanya. Jadi pilih salah satu aplikasi online yang paling sering dipakai saja.

2. Bersihkan data aplikasi

Buka menu “Setting” kemudian pilih aplikasi. Setiap aplikasi pasti memiliki informasi penggunaan memori yang berbeda-beda. Dan biasanya kapasitas RAM berkurang karena adanya cache yang masih tersimpan. Untuk itu, hapus beberapa data aplikasi yang tidak penting. Tapi ingat! Setelah dihapus kamu harus memulai aplikasi dari awal lagi.

3. Matikan koneksi internet

Mematikan koneksi internet saat membuka aplikasi offline seperti game bisa membantu performa RAM ponsel Android. Selain itu, mematikan koneksi internet juga bisa menghindarkan kamu dari iklan mengganggu yang sering muncul di tengah permainan yang sedang berlangsung.

4. Mematikan aplikasi tidak terpakai

Buka menu “Setting” dan kemudian “Aplikasi” kemudian geser ke bagian yang sedang dijalankan. Pada menu ini kamu bisa melihat besarnya RAM yang dipakai oleh masing-masing aplikasi yang sedang berjalan. Nah, untuk meringankan RAM, kamu bisa mematikan aplikasi yang tidak penting. Namun ingat! Jangan matikan aplikasi sistem, karena ini bisa merusak ponsel.

5. Hapus aplikasi

Buat kamu yang memiliki ponsel Android dengan kapasitas RAM kecil, sebaiknya hapus beberapa aplikasi tidak terpakai. Menghapus aplikasi yang tidak terpakai bisa membantu meringankan beban RAM, terutama aplikasi online.

About the author /


Related Articles

Post your comments