Tips Buat Film dengan Kamera Smartphone

CiriCara Tekno – Teknologi smartphone saat ini sudah semakin canggih. Tidak hanya soal kemampuan untuk menjelajah internet, smartphone juga sudah dibekali kamera yang mumpuni. Pengguna bisa mendapatkan hasil foto dan juga video yang berkualitas tinggi dengan kamera smartphone.

Nah, kecanggihan kamera smartphone ini bisa kamu manfaatkan untuk membuat film atau video lawakan. Siapa tahu film yang kamu buat lewat smartphone ini bakal terkenal dan heboh. Masih bingung cara membuat film yang bagus dengan kamera smartphone?

1. Pilih smartphone

Untuk mendapatkan gambar yang jernih dan bagus, tentu kamera yang dipakai juga harus bagus. Nah, kamu bisa memilih smartphone yang memiliki kamera dengan resolusi HD seperti yang dimiliki Galaxy S6, iPhone 6, atau Sony Xperia Z5. Jika tidak punya kamu bisa pakai smartphone lain yang memiliki kamera beresolusi paling tidak 5MP ke atas.

2. Cek kapasitas memori

Ruang penyimpanan smartphone menjadi hal yang penting karena video membutuhkan memori yang lebih besar dibanding foto. Jangan sampai video yang kamu rekam tiba-tiba berhenti karena memori penuh. Untuk itu siapkan memori khusus atau kosongkan memori telepon sebelum proses syuting dimulai.

3. Sudut pengambilan gambar

Kamera smartphone memiliki sejumlah kelemahan. Untuk menyiasatinya, kamu harus bisa mengambil sudut yang tepat saat merekam video. Misalnya, hindari merekam video berlawanan dengan arah cahaya, hal ini akan menyebabkan objek video jadi gelap. Untuk mengetahui sudut yang tepat kamu harus banyak berlatih.

4. Gunakan aplikasi

Saat ini sudah banyak aplikasi kamera yang bisa memberikan efek lebih bagus pada hasil video rekaman. Jika hasil video sudah selesai direkam, kamu bisa melakukan proses editing dengan aplikasi tersebut. Untuk mengunduh aplikasi edit video, pengguna iOS bisa mengunjungi App Store dan pengguna Android bisa mengunjungi Google Play Store.

5. Pakai laptop

Jika aplikasi edit video di smartphone tidak lengkap atau masih kurang, kamu bisa melakukan edit video dengan bantuan laptop. Tentunya laptop tersebut juga harus sudah diinstall aplikasi edit video. Aplikasi edit video di komputer ini biasanya memiliki tools yang lebih lengkap.

Sudah selesai? Sekarang saatnya kamu mengunggah video atau film hasil karya kamu ke media sosial. Bukan cuma buat pamer, tapi ini berguna untuk melihat respon dari teman-teman. Bisa jadi kamu akan mendapat ide baru setelah mendengar saran dan kritik mereka. Selamat mencoba!

About the author /


Related Articles

Post your comments