Wah! Drone Ini Bisa Angkut Penumpang Manusia

EHang 184

CiriCara Tekno – Teknologi pesawat tanpa awak atau biasa disebut drone saat ini tengah populer. Drone bisa dikendalikan menggunakan remot kontrol. Drone umumnya dipakai untuk melakukan perekaman video dan pemantauan arus lalu lintas dari udara. Tapi apa jadinya jika ada drone yang bisa dipakai untuk mengangkut penumpang?

Perusahaan pembuat drone asal Tiongkok, EHang membuat kejutan di pameran Consumer Electronics Show (CES) 2016 yang berlangsung di Las Vegas Convention Center, Amerika Serikat. EHang memamerkan drone bernama EHang 184 yang diklaim mampu mengangkut penumpang di dalamnya.

Seperti yang dilansir laman Tech Crunch, Kamis (7/1/2016), drone EHang 184 tersebut diklaim mampu mengangkut beban hingga 440 pon atau sekitar 199kg. Tidak hanya itu, drone yang terlihat mirip pesawat helikopter ini juga sanggup membawa seorang penumpang selama 23 menit dengan kecepatan 60 mph.

EHang 184

Drone EHang 184 – Ist/wired.co.uk

Pengendalian drone EHang 184 sendiri tetap menggunakan sistem otomatis sehingga penumpang tidak perlu belajar cara menerbangkan dan mendaratkannya. Semua pengendalian sudah diatur menggunakan sistem dari luar. Untuk tujuan akhir perjalanan bisa diinput melalui sebuah aplikasi khusus sebelum drone diterbangkan.

Karena dijalankan secara otomatis, EHang 184 telah dibekali dengan beberapa sistem keamanan cadangan untuk keamanan penumpang. Salah satu dari sistem cadangan tersebut adalah fitur pendaratan darurat yang bisa diaktifkan saat drone bermasalah. Jadi keamanan penumpang di dalam drone akan tetap terjaga.

Nantinya sistem cadangan tersebut akan diterapkan untuk tiap-tiap sistem penerbangan drone EHang 184. Sistem otomatis ini dipilih karena dinilai lebih aman dan bisa mengurangi risiko human error yang sering menjadi salah satu ancaman berbahaya dalam dunia transportasi.

Namun sayangnya drone EHang 184 ini belum tersedia secara umum, mengingat belum adanya regulasi mengenai transportasi drone. Teknologi yang diterapkan drone EHang 184 ini juga masih terbatas. EHang masih terus melakukan pengembangan hingga tercipta drone yang aman dan nyaman.

Tapi jika nanti EHang 184 akhirnya diproduksi secara massal, tentu ini bisa jadi sarana transportasi alternatif yang berguna untuk masa depan. Apalagi saat ini tingkat kemacetan jalan raya jadi semakin parah, khususnya di Indonesia.

About the author /


Related Articles

Post your comments